Diberdayakan oleh Blogger.
Home » » Aurora Menghasilkan Suara tepukan tangan

Aurora Menghasilkan Suara tepukan tangan


Aurora telah lama menjadi misteri dalam kehidupan ini. Suara aurora bisa mirip ama tepukan tangan, gemericik hingga suara gaduh bahkan bayi nangis. Adanya suara aurora sempat dianggap tidak mungkin oleh para ahli.
Ilmuwan dari Aalto University di Helsinki yaitu Unto Laine, Finlandia lewat studinya mengungkap bahwa suara aurora memang benar dalam dunia ini.


"Riset kami mengungkap bahwa sumber suara yang berasosiasi dengan aurora borealis yang kita lihat disebabkan oleh partikel energetik dari Matahari yang membuar cahaya utara itu di langit," ungkap Unto Laine, peneliti dari Aalto University di Hensinki, Finlandia.

Dalam studi, Laine menentukan lokasi suara aurora dengan membandingkan suara yang ditangkap oleh 3 mikrofon yang dipasang di area dengan aktifitas aurora tinggi. pengukuran secara simultan oleh Finnish Meteorological Institute menunjukkan pola khusus yang merujuk hubungan aurora dengan suara.

Suara aurora tidak muncul setiap saat ada aurora. Suara juga relatif pelan. Untuk mendengarnya, butuh lingkungan dengan polusi suara yang rendah.

Hasil riset Laine dipublikasikan di Proceeding of the 19th International Congress on Sound and Vibration, konferensi yang diadakan di Vilnius, Lithuania.

Pengertian Aurora adalah fenomena yang terbentuk karena partikel energetik dari Matahari bertumbukan dengan molekul di atmosfer sehingga menghasilkan cahaya yang sangat menawan. Perlu anda ketanui ternyata ada dua macam aurora, yaitu aurora borealis di kutub utara Bumi dan aurora australis di kutub selatan Bumi yang memiliki pesamaan. Semoga artikel ini  menambah pengetahuan anda.

Stat

web page hit counter web page hit counter free html hit counter