Diberdayakan oleh Blogger.
Home » » pentingnya mind mapping bagi anak-anak dan perkembangan otakya

pentingnya mind mapping bagi anak-anak dan perkembangan otakya

Pada dasarnuya mind mapping adalah metode pencerdasan yang sudah lama di temukan di nagara jepang, yang sangat berpengaruh dalam perkambangan IQ anak.
akan tetapi metode ini sangat ramai pada tahun2008 di negara kita indonesia yang sebenarnya terlambat dalam pengembangan metode ini. Saya baru dapat hadiah dua buku keren dari teman saya yang juga keren, Mind Mapping untuk Anak (Tony Buzan) dan I’m Gifted, So Are You (Adam Khoo).
Intinya, kemampuan otak dalam menghafal sebuah ‘gambar’ akan lebih tinggi daripada menghafal kata-kata yg ditulis di buku secara linier. Kalau bisa sih, beli aja bukunya, penjelasannya lebih canggih kalau baca sendiri. Saya mau sharing sedikit aja, apa yang sudah saya praktekkan ke Kirana.

Misalnya nih, ada teks di buku pelajaran seperti ini:
 
Tanggal 17 Agustus 1945, kemerdekaan Indonesia diproklamasikan. Di Surabaya, tgl 3 Sept 1945 Soedirman memproklamasikan Pemerintahan RI di Jawa Timur dan disambut aksi pengibaran bendera di seluruh pelosok Surabaya. Orang Belanda dengan sombong mengibarkan bendera Belanda di Orange Hotel karena tentara Sekutu akan datang ke Indonesia. Hal ini menimbulkan kemarahan arek-arek Suroboyo. Merah putih biru dirobek birunya dan berkibarlah Sang Merah Putih dengan megahnya di angkasa. Tanggal 25 Oktober 1945 tentara Inggris mendarat di Surabaya, brigade ke-49 dengan kekuatan 6.000 serdadu dipimpin Brig. Jend. A.W.S. Mallaby.

Ajak anak menyimpulkan isi teks itu dalam sebuah ‘peta pikiran’, dgn gambar dan spidol berwarna-warni. Awalnya ya kita ajarin, tapi lama2 dia akan bisa bikin sendiri (dan memang harus bikin sendiri). Contoh:
metode mind mapping 

Tentu saja, mind map ini belum lengkap. Tinggal tambahkan garis penghubung di sana-sini untuk melengkapi detil2nya. Di kata2 tertentu, bisa digambar; misalnya dekat kata ‘bendera belanda’, gambarlah bendera warna merah-putih-biru; dekat angka ’25.000’ gambarlah tentara. Sebaiknya, kata2 dan gambar itu ditulis dg spidol warna-warni, jgn hanya satu warna.

Dgn cara ini, semua informasi penting dalam teks di atas bisa dihafal dgn mudah karena, secara teori, otak akan 80% lebih cepat menghafal isi mind map dibanding bila dia menghafal langsung teks itu. Bahkan, saya lihat, sekitar 30 hlmn buku teks pelajaran Kirana, ternyata bisa dirangkum dalam sebuah mind-map saja. Coba bandingkan, repot mana, membaca, membolak-balik 30 hlmn, dan menghafal isinya; dengan menghafal selembar mind-map? Kata Kirana sih, dia emang lebih cepet hafal kalau pake mind map.Semoga info ini bermanfaat badi anda yang mempunyai anak  di karenakan metode ini dapat  mencerdaskan anak kita karena dengan metode ini akan membangkitkan otak tengah yang jarang di gunakan.

Stat

web page hit counter web page hit counter free html hit counter