Diberdayakan oleh Blogger.
Home » , » [Download Ebook] Tip & Trik Agar Lulus Tes Potensi Akademik (TPA)

[Download Ebook] Tip & Trik Agar Lulus Tes Potensi Akademik (TPA)



Tip & Trik Agar Lulus Tes Potensi Akademik


tes ptensi akademik
kali ini saya akan bahas mengenai Tip & Trik Agar Lulus Tes Potensi Akademik "Sukses itu adalah mental dan persiapan" inilah awal kata yang harus Anda ingat untuk Lulus Tes Potensi Akademik/TPA. Sebenarnya banyak artikel yang telah diposting parablogger mengenai tes potensi akademik, namun pada postingan ini saya ambil dari pengalaman ketika setiap kali saya lulus dalam tahapan tes potensi akademik atau disingkat menjadi TPA.

Dari hasil analisa saya, penyebab yang paling mempengaruhikegagalan saat mengikuti tes potensi akademik ini adalah kurangnya persiapan bukan kurang kepintaran. Disamping itu, penyebablulusnya saya saat mengikuti tes potensi akademik adalah Tuhan dan cukupnya persiapan. Saya rasa cukup 2 paragrap untuk intermezzonya yang saya rangkum secara ringkas dan kita akan kembali ke inti pembahasan artikel ini.

Tes Potensi Akademik adalah sebuah tes yang bertujuan untuk mengukur kemampuan seseorang di bidang akademik umum. Tes Potensi Akademik yang dilakukan di Indonesia ini juga identik dengan tes GRE dan GMAT yang sudah menjadi standar internasional. Saat ini, Tes Potensi Akademik dijadikan sebagai salah satu tes standar menerimaan di perguruan tinggi untuk jenjang S2 dan S3. Bahkan skarang SNMPTN pun pake Tes TPA

Tips dan persiapan mengikuti tes potensi akademik


1. Satu bulan sebelumnya berlatihlah soal-soal mengenai tes potensi akademik/TPA sebanyak mungkin, dan patuhilah batasan waktu dalam mengerjakan TPA yang ada. Ini penting untuk membiasakan diri anda bekerja cepat menyelesaikan soal-soal tersebut.
2. Dalam tes potensi akademik/TPA, tes angka yang diberikan umumnya adalah angka-angka yang bisa dikerjakan tanpa harus menggunakan rumus-rumus matematika tertentu yang rumit.
3. Saat anda mengerjakan soal-soal TPA, kondisikan diri anda dalam keadaan yang konsentrasi tapi rileks, dan santai.
4. Sebelum mulai mengerjakan, lihatlah jumlah soal dan jumlah waktu yang diberikan. Lalu hitunglah berapa alokasi waktu persoal. Misalkan persoal, anda punya waktu 30 detik, maka kerjakanlah masing-masing soal maksimal dalam waktu 25 detik saja. Sisa 5 detik.
5. Selain mematuhi alokasi waktu per soal, upayakan pula menabung waktu. Jika dalam mengerjakan satu soal anda hanya membutuhkan 23 detik, maka anda dapat menabung 7 detik.
6. Jika anda menemukan soal (terutama soal dari tes angka) yang bentuknya belum pernah anda temukan sebelumnya dan anda tidak tahu bagaimana mengerjakan soal tersebut, maka jangan ambil pusing, lewati saja dulu dan fokuskan kepada soal berikutnya.
7. Jangan sekali-kali merasa penasaran dengan soal tertentu, apapun jenis soar itu. Disiplinlah dengan alokasi waktu per soal. Ikuti aturan GBYL.
8. Jangan pilih kasih terhadap soal tertentu, semua soal adalah sama bobot nilainya. Oleh karena itu, setiap soal mendapatkan alokasi jatah waktu yang sama.
9. Berdasarkan penelitian ilmiah, kondisi psikis, mental dan kinerja otak memiliki hubungan erat. Jika kondisi psikis tenang, maka otak anda berada pada gelombang tertentu yang sangat kondusif untuk berpikir secara optimal.
10. Lakukanlah sugesti kepada diri Anda sendiri dengan penuh emosional sebelum berlangsungnya tes potensi akademik, dengan mengatakan kepada diri Anda "Aku Bisa".
11. Sudah maksimal berusaha? Berdoalah. sebelum dan sesudah mengerjakan tes. Dan bertawakkal terhadap hasil yang diterima. (kalau hasilnya mengecewakan, berbesar hatilah.

Nah itu tadi kumpulan Tip & Trik Agar Lulus Tes Potensi Akademik (TPA) semoga bermanfaat.

Stat

web page hit counter web page hit counter free html hit counter