Diberdayakan oleh Blogger.
Home » » Cerita Sejarah Peradaban Islam | Sejarah Di Indonesia

Cerita Sejarah Peradaban Islam | Sejarah Di Indonesia


sejarah peradaban islam

Cerita Sejarah Peradaban Islam

helo kawan semua, kali ini saya ingin sedikit share mengenai Cerita Sejarah Peradaban Islam yang masuk di indonesia, hohoo. dan mungkin Cerita Sejarah Peradaban Islam ini dapat menambah pengetahuan sobat semua,dalam memahami peradaban islam di indonesia.

Cerita Sejarah Peradaban Islam di Indonesia



Oh,iya Cerita Sejarah Peradaban Islam di Indonesia ini Ada beberapa teori. Setidaknya ada beberapa teori yang menjelaskan kedatangan Islam ke Timur Jauh termasuk ke Nusantara.


1. Cerita Sejarah oleh Snouck Hurgronje yang mengatakan Islam masuk keIndonesia dari wilayah-wilayah di anak benua India. Tempat-tempat seperti Gujarat, engali n Malabar di sebut sebagai asal masuknya Islam di Nusantara.

Dalam L’arabie et les IndesNeerlandaises, Snouckmengatakan teori tersebut didasarkan pada pengamatan tidak terlihatnya peran dan nilai-nilai Arab yang ada dalam Islam pada masa-masa awal, yakni pada abad ke-12 atau 13. Snouck juga mengatakan, teorinya didukung dengan hubungan yang sudah terjalin lama antara wilayah Nusantara dengan daratan India.

2. Cerita Sejarah dari Teori Persia. Tanah Persia disebut2 sebagai tempat awal Islam datang di Nusantara. Teori ini berdasarkan kesamaan budaya yang di miliki olehbeberapa kelompok masyarakat Islam dengan pendudukPersia. Misalnya saja tentang peringatan 10 Muharam yang dijadikan sebagai hari peringatan wafatnya Hasan dan Husein, cucu Rasulullah. Selain itu, dibeberapa tempat di Sumatera Barat ada pula tradisi Tabut, yang berarti keranda, juga untuk memperingati Hasan dan Husein. Ada pula pendukung lain dari teori ini yakni beberapa serapan bahasa yang diyakini datang dari Iran. Misalnya jabar dari zabar, jer dari ze-er dan beberapa yang lainnya.

Nah temen suma itu tadi sedikit share mengenai Cerita Sejarah Peradaban Islam di Indonesia,, kalo kurang mohon maaf ya ini berdasar kan pengetahuan yang terbatas dari saya, semoga bermanfaat.

Stat

web page hit counter web page hit counter free html hit counter