Diberdayakan oleh Blogger.
Home » » Awal Mula Sejarah Perang Dunia 1(pertama)

Awal Mula Sejarah Perang Dunia 1(pertama)

Sejarah Perang Dunia

sejarah perang


pagi kawan, saya ingin share ini mengenai Sejarah Perang Dunia tepatnya Sejarah Perang Dunia 1, yup.. karena perang ini memiliki sejarah yang ngeri,, mungkina sebagian temen semua juga pernah mendengar cerita Sejarah Perang Dunia1 ini??. yup selengkapnya di bawah ini ya.

Sejarah Perang Dunia1



Semoga temen semua gak males baca ya ^^....
Perang Dunia I atau Perang Dunia Pertama, disingkat PD I, dan istilah2 dalam bahasa Inggris lainnya : "Great War", "War of the Nations", dan "War toEnd All Wars" (Perang untukMengakhiri Semua Perang) adalah sebuah konflik dunia yang berlangsung dari 28 Juli 1914 hingga 11 November 1918, yang berawal dari Semenanjung Balkan.
Pihak Yang Terlibat :

Blok Sekutu: Rusia, Perancis, Britania Raya, Kanada, Italia, Amerika Serikat

Negara2 yang bergabung :

1. Kerajaan Serbia
2. Kerajaan Rusia (sampai November 1917)
3. Perancis (termasuk pasukan dari negara koloni Perancis)
4. Kerajaan Inggris :
1. Negara Persemakmuran Inggris dan Irlandia
2. Australia
3. Kanada
4. Selandia Baru
5. Newfoundland
6. AfrikaSelatan
7. Kerajaan India
8. Negara boneka dan koloni Inggris
5. Kerajaan Belgia (termasuk pasukan negara koloni Belgia)
6. Kerajaan Montenegro
7. Kekaisaran Jepang
8. Kerajaan Italia (April 1915 dan sesudahnya)
9. Portugal
10. Kerajaan Romania (Agustus 1916 dan sesudahnya)
11. Kerajaan Yunani (Mei 1917 dan sesudahnya)
12. Amerika Serikat (1917 dan sesudahnya)
13. San Marino
14. Andorra
15. Tiongkok
16. Brazil
17. Bolivia
18. Kosta Rika
19. Kuba
20. Guatemala
21. Haiti
22. Honduras
23. Ekuador
24. Nikaragua
25. Uruguay
26. Panama
27. Peru
28. Siam
29. Liberia
30. Republik Demokratik Armenia (1918)
31. Cekoslowakia (1918)

Blok Sentral: Austria-Hungaria, Jerman, Kekaisaran Ottoman, Bulgaria

Latar Belakang Perang Dunia 1

PD I dimulai setelah Pangeran FranzFerdinand dari Austro-Hongaria (sekarang Austria) beserta istrinya, dibunuh di Sarajevo, Bosnia, oleh anggotakelompok teroris Serbia, Gavrilo Princip. Bosnia merupakan kawasan Austria yang dituntut oleh Serbia, salah1 negara kecil di Semenanjung Balkan, dimana pembunuhan tersebut telah direncanakan sebelumnya. Dengan bantuan Jerman, Austria-Hungaria memutuskan perang terhadap Serbia. Tidak pernah terjadisebelumnya konflik sebesar ini, baik dari jumlah tentara yang dikerahkan dan dilibatkan, maupun jumlah korbannya.

Senjata kimia digunakan untuk pertama kalinya, pemboman massal warga sipil dari udara dilakukan, dan banyak dari pembunhan masal berskala besar pertama abad 19 berlangsung saat perang ini. Empat dinasti, Habsburg, Romanov, Ottoman, dan Hohenzollern, yang memiliki akar kekuasaan hingga zaman Perang Salib, seluruhnya jatuh setelah perang. Austria-Hungaria menyerangSerbia pada 28 Juli 1914. Rusia membuat persediaan untk membantu Serbia dan diserang oleh Jerman.

Perancis pun turut membantu Rusia dan diserang oleh Jerman. Untuk tiba di Paris dengan secepat mungkin, tentara Jermanmenyerang Belgia, dan kemudian Britania menyerang Jerman. Pada awalnya, Jerman memenangkan peperangan tersebut, tetapi Perancis, Britania, serta Rusia terus menyerang. Jerman, Austria-Hungaria, dan sekutunya disebut "Blok Sentral", dan negara-negara yang menentang mereka disebut "Blok Sekutu". Sewaktu peperangan berlanjut, negara lain pun turut campur tangan.

Hampir semuanya memihak pada Sekutu. Pada tahun 1915, Italia bergabung dengan Sekutu karena ingin menguasai tanah Austria. Dan pada taun1917, Amerika Serikat memasuki peperangan, dan memihak kepada Sekutu. Meskipun TenteraSekutu sangat kuat, Jerman terlihat seperti akan memenangkan peperangan tersebut. Setelah 1914, Jerman pun menguasai Luxemburg, hampir seluruh daratan Belgia, serta sebagian dari Perancis utara.

Jerman juga menang diBarisan Timur, ketika usaha Rusia gagal. Akan tetapi, menjelang tahun 1918, tentara Jerman mengalami kelelahan. Prbekalannya tidak mencukupi dan timbul pergolakan sosial di dalam negerinya sendiri. Pada waktu yang sama, semakin banyak tentara Amerika Serikat yang baru tiba dan langsung bergabung kepada Sekutu. Pada musim panas 1918, tentera Amerika Serikat membantu menghalau serangan Jerman terakhir di barat. Jerman pun menandatangani perjanjian gencatan senjata pada 11 November 1918.

Puncak Perang Dunia I

Perang Dunia1 menjadi saat pecahnya orde dunia lama, menandai berakhirnya monarki absolutisme di Eropa. Ia juga menjadi pemicu Revolusi Rusia, yang akan menginspirasi revolusi lainnya di negara-negara lain, seperti : Tiongkok dan Kuba, serta akan menjadi basis bagi Perang Dingin antara Uni Soviet dan AS.Kekalahan Jerman dalam perang ini dan kegagalan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang masih menggantung yang telah menjadi sebab terjadinya Perang Dunia I, akan menjadi dasar kebangkitanNazi, dan dengan itu pecahnya Perang Dunia II pada 1939.

Ia juga menjadi dasar bagi peperangan bentuk baru yang sangat bergantung kepada teknologi, dan akan melibatkan non-militer dalam perang, seperti yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Nah itu tadi kawan Awal Mula Sejarah Perang Dunia 1 yang saya dapta dari google, semoaga share ulang ini bermnafaat ya ^_^

Stat

web page hit counter web page hit counter free html hit counter