Diberdayakan oleh Blogger.
Home » » Jenis-Jenis Ikan Paus Di Dunia

Jenis-Jenis Ikan Paus Di Dunia


Jenis-Jenis Ikan Paus Di Dunia
Ikan paus merupakan ikan terbesar saat ini, ikan paus ini memiliki banyak jenis dari ikan paus yang buas atau karnifora sanpai ikan paus yang jinak. Banyak orang yang kurang tahu tentang jenis-jenis ikan paus di dunia ini padahal ada banyak ikan jenis ikan paus.  Berikut ini Jenis-Jenis Ikan Paus Di Dunia :

1. Ikan Puas Fin Whale, Balaenoptera physalus
IkanPuas  Fin Whale (Balaenoptera physalus), juga disebut paus finback, yg suka banyak bekerja, adalah mamalia laut yang termasuk dalam subordo paus balin. Ini adalah paus terbesar kedua dan binatang yang hidup terbesar kedua setelah paus biru, tumbuh hampir 27 meter.

Panjang dan langsing, tubuh Ikan Puas Fin Whale kecoklatan-abu-abu dengan bagian bawah lebih pucat. Setidaknya ada dua subspesies berbeda: paus sirip utara di Atlantik Utara, dan paus sirip Antartika lebih besar dari Samudra Selatan.

Hal ini ditemukan di semua samudra besar dunia, dari kutub sampai perairan tropis. Ini tidak hadir hanya dari perairan dekat dengan kantong es pada kedua kutub utara dan selatan dan daerah yang relatif kecil dari air laut terbuka. Kepadatan penduduk tertinggi terjadi di perairan hangat dan dingin. Makanannya terdiri dari ikan kecil, cumi, dan krustasea termasuk mysids dan krill.

2. Ikan Puas North Atlantic Right Whale, Eubalaena glacialis
Ikan Puas The North Atlantic right whale (Eubalaena glacialis yang artinya "baik, atau benar, paus dari es") termasuk juga paus baleen, satu dari tiga spesies yang termasuk dalam keluarga Eubalaena, namun sebelumnya sempat diklasifikasikan dalam spesies tunggal (sempet sok tau yang klasifikasiin ).


3. Ikan Puas  North Pacific Right Whale, Eubalaena japonica
Ikan Puas North Pacific Right Whale (Eubalaena japonica) adalah spesies ikan paus balin kuat yang umum di Pasifik Utara hingga 1840, tetapi sekarang sangat langka karena penangkapan ikan paus abad ke-19 dan ke-20. Rupanya ada dua populasi dari spesies di Pasifik Utara. Populasi yang terjadi di Laut Bering bagian tenggara dan bagian timur Pasifik Utara mungkin 50 paus atau kurang. Sebuah populasi yang sangat buruk dikenal di Laut Okhotsk antara Kepulauan Kuril dan Sakhalin Pulau di Rusia mungkin sekitar 300 atau lebih hewan, tetapi hampir tidak ada data populasi ini. Meskipun paus telah dilindungi dari penangkapan ikan paus sejak 1935, perburuan paus Soviet yang ilegal di tahun 1950-an dan 60-an menghabiskan jumlah mereka lebih lanjut. Uni Internasional untuk Konservasi Alam telah menyatakan keprihatinan bahwa nomor yang sekarang terlalu rendah untuk pemulihan, dan kepunahan yang mungkin tak terhindarkan. Menurut Pusat Keanekaragaman Hayati, E. japonica adalah paus yang paling terancam di Bumi.

4. Southern Right Whale, Eubalaena australis
Ikan Puas Southern Right Whale (Eubalaena australis) adalah paus balin, salah satu dari tiga spesies yang diklasifikasikan dalam genus paus Eubalaena. Seperti paus Southern Right lain, Paus Southern Right mudah dibedakan dari yang lain oleh callosities di atas kepala, tanpa sirip punggung, dan mulut melengkung panjang yang dimulai di atas mata. Kulitnya berwarna abu-abu sangat gelap atau hitam, kadang-kadang dengan beberapa bercak putih pada perut. callosities paus kanan yang tampak putih karena koloni besar cyamids (kutu ikan paus). Hal ini hampir tidak bisa dibedakan dari Paus Atlantik Utara terkait erat dan Paus Southern Right Pasifik Utara, hanya menampilkan perbedaan tengkorak kecil. Mungkin callosities lebih sedikit di kepala dan di bibir yang lebih rendah dari dua spesies utara. Sekitar 12.000 Paus Southern Right tersebar di seluruh bagian selatan belahan bumi selatan..
Ukuran maksimum dari Ikan Puas betina dewasa adalah 18,5 m, dan sekitar 130 ton.Testis -nya (biji) mungkin terbesar dari setiap binatang, masing-masing dengan berat sekitar 500 kg. Hal ini menunjukkan bahwa persaingan sperma adalah penting dalam proses perkimpoian.
Lapisan tebal dari isolasi lemak tidak memungkinkan bagi mereka untuk mengusir panas tubuh internal mereka di perairan tropis.

5. Ikan Puas Bowhead Whale
(Balaena mysticetus) adalah Ikan Puas  baleen dari keluaarga Balaenidae. Paus hitam tanpa sirip dorsal, yang dapat tumbuh hingga panjang 20 meter. Perkiraan beratnya dapat mencapai 136 ton, beda tipis dengan paus biru, walaupun panjang maksimumnya tidak sepanjang paus lain.

6. Sei Whale, Balaenoptera borealis
Ikan Puas (dilafalkan / seɪ / atau / saɪ /), Balaenoptera borealis, adalah Ikan Puas balin, rorqual terbesar ketiga setelah paus biru dan paus sirip. Mendiami sebagian besar samudra dan tengah laut, dan menyukai yang mendalam lepas pantai perairan. Ia menghindari kutub dan perairan tropis dan semi-tertutup badan air. Paus Sei bermigrasi setiap tahun dari perairan dingin dan subkutub di musim panas untuk ke perairan hangat dan subtropis.

7. Bryde’s Whale, Balaenoptera brydei
Ikan Puas Balaenoptera brydei adalah spesies cetacea, mamalia laut, dalam kelompok kompleks yang dikenal sebagai Paus Bryde. Mereka adalah-paling tidak dikenal dan dalam banyak hal yang paling tidak biasa dari rorquals. Mereka lebih kecil rorqual-standar tidak lebih dari 25 ton-lebih di perairan tropis dan subtropis ke laut kutub; sebagian besar pantai daripada pelagis, dan meskipun mereka mempertahankan karakteristik piring whalebone bahwa Mysticeti gunakan untuk saringan makhluk kecil dari perairan, makanan mereka terdiri hampir seluruhnya ikan.
Paus Bryde ini dinamai atas nama dubes Norwegia untuk Afrika Selatan, Johan Bryde, yang membantu mendirikan stasiun perburuan paus pertama di Durban, Afrika Selatan pada tahun 1908.

8. Ikan Puas Blue Whale, Balaenoptera musculus
P Ikan Puas Biru (Balaenoptera musculus) adalah mamalia laut yang termasuk dalam subordo paus balin (disebut Mysticeti). Paus Biru dapat mencapai hingga 33 meter panjang dan 180 metrik ton (200 ton singkat) atau lebih berat. Dalam volume, saat ini merupakan binatang terbesar yang diketahui telah ada.

9. Ikan Puas Orcinus orca (Killer whale)
Ikan paus pembunuh (orca Orcinus), biasanya disebut sebagai orca, blackfish - adalah spesies Ikan Puas terbesar dari keluarga lumba-lumba laut. Mereka ditemukan di semua samudra di dunia, dari daerah Kutub Utara dan Antartika dingin ke laut tropis. Paus pembunuh sebagai spesies memiliki beragam makanan. Beberapa pakan secara eksklusif pada ikan, sementara populasi lainnya berburu mamalia laut seperti singa laut, anjing laut, singa laut dan bahkan ikan paus besar. Killer paus dianggap sebagai predator puncak.



10. Ikan Puas Balaenoptera omurai
Ikan Puas Balaenoptera omurai adalah spesies Ikan Puas tentang yang hampir tidak ada yang diketahui datanya.Gambaran ilmiah paus ini dibuat dalam edisi November 20, 2003, oleh tiga ilmuwan Jepang Shiro Wada, Masayuki Oishi dan Tadasu K. Yamada. Ketiga ilmuwan menentukan keberadaan spesies Ikan Puas dengan menganalisis morfologi dan DNA mitokondria dari sembilan individu-delapan tertangkap oleh kapal penelitian Jepang di akhir 1970-an di Indo-Pasifik dan spesimen yang dikumpulkan pada tahun 1998 lebih dari sebuah pulau kecil di Laut Jepang. B. omurai menyerupai Paus Sirip (Balaenoptera physalus) dalam penampilan eksternal, tetapi lebih kecil.

11. Ikan Puas Humpback Whale, Megaptera novaeangliae
Ikan paus Humpback (Megaptera novaeangliae) adalah paus balin. Salah satu spesies rorqual besar, Paus dewasa memiliki panjang 12-16 meter dan berat sekitar 36 ton. Paus bungkuk ini memiliki bentuk tubuh yang berbeda, dengan sirip dada sangat panjang dan kepala bertonjol. Ini adalah hewan akrobatik, sering bermain menampar air. Paus Pria menghasilkan lagu paus yang kompleks, yang berlangsung selama 10 sampai 20 menit dan diulang untuk berjam-jam. Tujuan dari lagu yang belum jelas, meskipun tampaknya memiliki peran dalam perkimpoian.

12. Ikan Puas Gray Whale, Eschrichtius robustus
ikan paus (Eschrichtius robustus) adalah paus balin yang bermigrasi antara makan dan biak tahunan. Mencapai panjang sekitar 16 meter dan berat 36 ton, hidup 50-60 tahun. Nama umum paus berasal dari patch abu-abu dan bintik-bintik putih pada kulit yang gelap. Paus Gray pernah disebut ikan setan karena perilaku melawan mereka ketika diburu. Paus abu-abu adalah satu-satunya spesies dalam genus Eschrichtius, yang pada gilirannya merupakan satu-satunya genus dalam keluarga Eschrichtiidae. mamalia paus ini diturunkan dari filter-makan yang dikembangkan pada awal Oligosen, lebih dari 30 juta tahun yang lalu.

13. Ikan Puas Sperm Whale, Physeter macrocephalus
Ikan paus sperma, Physeter macrocephalus, adalah spesies mamalia laut, ordo Cetacea, ikan paus bergigi (odontocete) yang memiliki otak terbesar. Nama berasal dari zat lilin-putih susu, spermaceti, ditemukan di kepala binatang itu, karena kemiripannya dengan air mani. Ikan paus sperma adalah satu-satunya anggota genus Physeter. The physeter sinonim Physeter merujuk pada spesies yang sama. Ini adalah salah satu dari tiga spesies yang tersisa di superfamili ikan paus sperma, bersama dengan ikan paus sperma pygmy dan ikan paus sperma cebol.

14.Ikan Puas Cuvier’s Beaked Whale, Ziphius cavirostris
Ikan Puas berparuh Cuvier's (Ziphius cavirostris) adalah yang paling banyak didistribusikan dari semua paus berparuh. Ini adalah satu-satunya anggota dari genus Ziphius. Lain nama umum untuk spesies ini Paus Goose Ekidna karena fakta bahwa kepalanya dikatakan berbentuk seperti paruh seekor angsa. Selama Abad Pertengahan, hewan ini dianggap sebagai rakasa dengan tubuh ikan dan kepala burung hantu itu. Georges Cuvier pertama kali menggambarkannya pada tahun 1823 dari bagian dari tengkorak yang ditemukan di Perancis pada tahun 1804.

15. Ikan PuasArnoux’s Beaked Whale, Berardius arnuxii
Genus Berardius berisi dua jenis ikan paus berparuh,  Ikan Puas  berparuh Baird's Paus Arnoux's . Kedua spesies sangat mirip bahwa beberapa ilmuwan menganggap perpisahan mereka menjadi spesies yang berbeda sebagai anomali bersejarah. Kedua spesies yang terbesar dari semua paus berparuh dan kolektif mereka kadang-kadang disebut sebagai paus berparuh raksasa.

Ikan PuasBaird's pertama kali dideskripsikan oleh Leonhard Stejneger Hess pada tahun 1883 dari spesimen yang ditemukan di Laut Bering. Ini dinamakan Spencer Fullerton Baird, seorang Sekretaris masa lalu dari Institusi Smithsonian. Arnoux's berparuh Paus digambarkan pada tahun 1851 oleh Duvernoy dari tengkorak yang ditemukan di Selandia Baru. Berard adalah kapten kapal yang membawa tengkorak dari Selandia Baru ke Prancis di mana Duvernoy menganalisisnya. Arnoux adalah dokter di kapal.

16. Ikan Puas Northern Bottlenose Whale, Hyperoodon ampullatus
Ikan Puashidung botol adalah salah satu dari dua spesies ikan paus, anggota keluarga ziphiid. Kedua spesies ikan paus hidung botol Hyperoodon ampullatus utara dan selatan botol Hyperoodon planifrons-paus adalah satu-satunya anggota dari genus Hyperoodon. Meskipun mereka secara fisik cerita serupa mereka selama dua ratus tahun yang lalu agak berbeda. The botol selatan telah jarang diamati, jarang diburu, dan mungkin adalah paus yang paling berlimpah di perairan Antartika. Spesies utara di sisi lain banyak diburu oleh Norwegia dan Britania pada 19 dan awal abad ke-20.

17. Ikan Puas Narwhal, Monodon monoceros
The (narwhal windu monoceros) adalah  Ikan Puas bergigi berukuran sedang yang hidup sepanjang tahun di Kutub Utara. Salah satu dari dua spesies ikan paus di keluarga Monodontidae, bersama dengan ikan paus Beluga, yang jantan narwhal dibedakan dengan karakteristik taring panjang, lurus, heliks membentang dari rahang atas kiri mereka.
Ditemukan terutama di perairan Arktik dan Kanada jarang Greenland selatan lintang 65 ° N, narwhal adalah predator Arctic unik khusus. Pada musim dingin, bentik feed di mangsa, kebanyakan flatfish, pada kedalaman sampai 1500 m di bawah es paket padat Narwhal. Telah dipanen selama lebih dari seribu tahun oleh orang Inuit di Kanada dan Greenland Utara untuk daging dan gading dan berburu subsistensi diatur berlanjut hingga hari ini. Sementara populasi muncul stabil, narwhal telah dianggap sangat rentan terhadap perubahan iklim karena jangkauan geografis sempit dan diet khusus.

18. Ikan Puas Beluga, Delphinapterus leucas
Beluga atau paus putih (Delphinapterus leucas) hidup di Antartika dan spesies sub-Kutub Utara cetacea. Salah satu dari dua anggota keluarga Monodontidae, bersama dengan narwhal tersebut. Mamalia laut ini sering disebut hanya sebagai Beluga atau kenari laut karena kegugupan yang bernada tinggi. Hal ini sampai dengan 5 meter panjang dan berwarna putih semua jelas dengan benjol khas pada kepala. Dari perspektif konservasi, beluga dianggap "mendekati terancam" oleh Uni Internasional untuk Konservasi Alam; namun subpopulasi dari Cook Inlet di Alaska dianggap kritis dan berada di bawah perlindungan Endangered Species Amerika Serikat 'Undang-Undang.

19. Ikan Puas Minke Whale, Balaenoptera acutorostrata
Ikan Puas minke adalah  Ikan Puas balin terkecil kedua. Setelah mencapai kematangan seksual (6-8 tahun), laki-laki rata-rata 6,9 meter dan perempuan 7,4 meter panjang, masing-masing. Perkiraan panjang maksimum bervariasi 9,1-10,7 meter untuk wanita dan 8,8-9,8 meter bagi laki-laki. Kedua jenis kelamin biasanya memiliki berat 4-5 ton pada saat dewasa, dan berat maksimum mungkin sebesar 14 ton.

Sampai sekarang ikan paus mengalami penyusutan pupulasi dan paus merupakan salah satu binatang yang di lindungi. Semoga info di atas menambah wawasan anda.



Jenis-Jenis Ikan Paus Di Dunia

Stat

web page hit counter web page hit counter free html hit counter